Penyebaran Fauna Asiatis, Apa Saja Contohnya

  • Bagikan
Penyebaran Fauna

 tahukah kamu jika Indonesia mempunyai penyebaran fauna yang terdiri jadi fauna Asiatis, Australis, dan Perubahan (Asia-Australia)? Ulasan ini kali yaitu mengenai fauna Asiatis. Yok baca ya.

Dari situs Kominfo, penyebaran fauna itu mencakup mamalia yang banyaknya sekitaran lebih dari 500 tipe, ikan (pisces) sekitaran lebih dari 4.000 tipe, burung (aves) sekitaran lebih dari 1.600 tipe, reptilia dan amfibi yang banyaknya sekitaran lebih dari 1.000 tipe, dan tipe serangga (insecta) sekitaran lebih dari 200 ribu tipe.

Berdasar letak geografisnya, penyebaran fauna di Indonesia terdiri jadi tiga, yakni fauna Asiatis pada bagian Barat, fauna Perubahan atau Asia-Australia pada bagian tengah, dan fauna Australis pada bagian Timur. Kita ulas lebih dalam berkenaan fauna Asiatis, yok!

Tipe fauna Asiatis dapat kamu jumpai di wilayah Indonesia sisi Barat, seperti Pulau Sumatra, Jawa, Bali, dan Kalimantan, dan beberapa pulau kecil yang ada disekelilingnya. Batasan daerah fauna Asiatis dengan daerah fauna Perubahan (Asia-Australis) disebutkan dengan garis Wallace.

Nach, untuk membandingkan tipe fauna Asiatis dengan tipe fauna yang lain, kamu dapat menyaksikan beberapa ciri yang dipunyai, yakni sebagai tipe hewan menyusui atau mamalia dan memiliki ukuran besar. Disamping itu, jarang-jarang diketemukan tipe burung warna dalam penyebaran fauna Asiatis.

Diambil dari Kominfo, contoh tipe fauna Asiatis yang diketemukan ialah monyet proboscis, orang utan, badak bercula satu, beruang matahari, babi rimba, bebek pohon, burung heron, gajah, dan burung merak.

Disamping itu, dalam buku Modul Geografi: Penyebaran Flora dan Fauna di Indonesia dan Dunia yang diatur oleh Cipta Suhud Wiguna, S.Pd., M.Pd., tipe fauna Asiatis bisa digolongkan jadi:

Misalnya: Gajah, badak bercula satu, rusa, tapir, banteng, kerbau, monyet, orang utan, harimau, macan tutul, macan kumbang, tikus, bajing, beruang, kijang, anjing rimba, kelelawar, landak, babi rimba, kancil, dan kukang.

Baca Juga :   APK Pinjol Bunga Rendah, Mudah ACC Cuma Modal KTP/REKENING

Misalnya: Biawak, buaya, kura-kura, kadal, ular, tokek, bunglon, dan trenggiling.

Misalnya: Elang bondol, jalak, merak, ayam rimba, burung hantu, kutilang, dan beragam jenis tipe unggas yang lain.

Mujair, arwana, dan pesut (mamalia air tawar).

Dengan begitu, bisa diambil kesimpulan jika tipe fauna Asiatis bisa diketemukan di Indonesia sisi Barat dan mempunyai beberapa ciri sebagai hewan mamalia dan memiliki ukuran besar.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *