Peta Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia & Faktor yang Mempengaruhinya

  • Bagikan
Peta Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

Peta Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia – Pembagian teritori flora di Indonesia dibagi jadi Paparan Sunda, Paparan Sahul, dan perubahan. Sementara, teritori fauna terdiri jadi sisi barat/asiatis, timur/australis, dan perubahan/asia-australis.

Buat ketahui lebih dalam, baca deskripsi peta penyebaran flora dan fauna di Indonesia berikut ini, merilis dari e-modul Geografi Kemendikbudristek Kelas XI kreasi Nyoman Suarning.

Daerah ini mencakup flora di Pulau Sumatra dan sekelilingnya. Teritori ini memiliki tiga tipe flora, yaitu:

Teritori ini mencakup flora di Papua yang terbagi dalam rimba hujan tropis, pohon rasamala, pohon nipah, mangrove, eucalyptus, pohon matoa (pometia pinnata), dan sagu.

Flora perubahan mencakup Pulau Sulawesi dan sekelilingnya. Tetapi, pada intinya flora di Sulawesi ialah kombinasi flora di Paparan Sahul dan Paparan Sunda. Flora yang mencolok ialah kayu eboni atau kayu besi yang berada di Sulawesi. Disamping itu, ada pula kayu cendana yang berada di Nusa Tenggara Timur.

Flora daerah perubahan ada di daratan gunung, daratan rendah, dan pantai.

Fauna asiatis meliputi Pulau Sumatra, Jawa, Bali, dan Kalimantan. Hewan yang berada di Indonesia sisi barat datang dari teritori oriental.

Fauna asiatis misalnya ialah mamalia seperti gajah, tapir, rusa, kerbau, orang utan, dan lain-lain. Disamping itu reptil, burung, unggas, ikan air tawar, dan pesut. Pesut ialah seperti lumba-lumba dari Sungai Mahakam.

Penyebaran fauna australis berada di Irian Jaya dan beberapa pulau kecil yang ada disekelilingnya. Fauna Indonesia sisi timur terbagi dalam mamalia seperti kanguru, wallaby, beruang dan lain-lain.

Ada pula nokdiak (landak Irian), oposum layang, kuskus, kanguru pohon, reptil, amfibi, burung, ikan, dan beragam tipe serangga. Tipe burung yang berada di sana misalnya cendrawasih, kasuari, dan yang lain.

Baca Juga :   Pengertian Giving Suggestion beserta Contohnya

Penyebaran fauna perubahan berada di Pulau Timor, NTB, NTT, Sulawesi, dan Kepulauan Maluku. Mamalia yang berada di sana ialah anoa, babi rusa, monyet hitam, tarsius, monyet seba, dan lainnya.

Fauna lainnya terhitung reptil seperti biawak, komodo, dan soa-soa. Disamping itu, ada amfibi dan beragam tipe burung. Contoh burung yang berada di teritori perubahan ialah burung maleo, mandar, raja udang rangkong, dan lain-lain.

Perlu dicatat, pembagian penyebaran fauna di Indonesia terbatasi garis Wallace dan Weber. Garis Wallace membagikan barisan hewan Asia dan perubahan. Dan garis Weber membagikan barisan hewan perubahan dan Australia.

Itu peta penyebaran flora dan fauna di Indonesia dan elemen yang memengaruhinya. Turut lestarikan ya, detikers! Baca Video “Satuan tugas Adukan Tingkat Kepatuhan Prokes Masyarakat Masih Naik-Turun” [Gambas:Video 20detik] (nach/pay) flora fauna flora fauna indonesia flora fauna indonesia

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *